Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network) – Lan (Local Area Network) merupakan jaringan yang mencakup wilayah kecil seperti yang ada disekitar kita contoh gedung,kantor,sekolah,dan lain-lain.Pasti anda pernah merasakan hotspot kampus atau sekolah,mempunyai karakteristik pesat data yang lebih tinggi,tidak membutuhkan jalur komunikasi dan mencakup wilayah geografi yang lebih kecil.

Itulah yang di namakan jaringan lan.Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengertian perangkat keras yang mungkin tidak asing lagi bagi yang sudah tahu tentang jaringan komputer.Dalam membangun sebuah jaringan LAN,sedikitnya kita harus menyediakan beberapa komponen Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN.sebagai berikut:

1.Server

Server adalah Perangkat keras yang berfungsi menyediakan berbagai layanan kepada komputer client.Adapun layanan yang dapat di berikan antara lain sebagai berikut:

  • Disk server

Layanan yang menyediakan ruang hardisk yang dapat di akses oleh setiap komputer client.

  • File server

Layanan yang menyediakan akses terhadap file yang dapat di akses dan selanjutnya dapat dimodifikasi/di update

  • printer server 

yang menyediakan layanan fasilitas pencetakan yang terhubung dengan komputer server.

2.Workstation client

workstationclient merupakan komputer yang langsung digunakan oleh pengguna dalam melakukan pekerjaan sehari-harinya.workstation/client menjalankan beragam sistem operasi dan merupakan bagian dari jaringan yang ada.

3.NIC/Network Interface card 

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)

NIC/LAN card merupakan perangkat yang mutlak di perlukan jika komputer kita ingin terhubung ke jaringan lan.

saat ini beberapa NIC yang dapat di gunakan yaitu Ethernet,ARCnet,Token Ring,dan FDDI.

4.Hub

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)

Hub merupakan perangkat yang banyak di gunakan dalam topologi star.Hub bertindak sebagai pusat/consentrator dalam jaringan dan akan selalu menerima dan mengirimkan data ke semua client.

5. switch

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)

Switch merupakan perangkat hasil pengembang dari hub.hub hanya menerima data dan mengirimkan kembali ke semua komputer client.walaupun komputer tidak membutuhkan data tersebut.

6.Repeater

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal jaringan ketika mencapai jarak yang sangat jauh.Dengan demikian,sinyal yang tadinya lemah dapat di perkuat kembali dan disalurkan ke tempat lain sehingga dapat menjangkau area yang sangat luas.

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)

7.Bridge

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)

Bridge berfungsi untuk menghubungkan satu segmen jaringan dengan segmen jaringan yang lain.Bridge yang baik  umumnya hanya meneruskan dan mengirimkan data kepada komputer/client yang menjadi tujuanya.

8.Router

Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network)

Router memiliki fungsi yang sama dengan bridge,namun router memiliki kemampuan lain,yaitu dapat menentukan keputusan rute terbaik yang harus di tempuh data,sehingga data dapat sampai ketujuan lebih cepat.

Demikian Perangkat Keras Jaringan Komputer LAN (Local Area Network). Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda. Jika terdapat kekurangan saya minta maaf.Berkomentarlah jika anda ingin memberikan masukan atau ingin menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan komputer.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

∞ fungsi prangkat keras jaringan lN