Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows

Mengapa Anda perlu mencadangkan program yang diinstal pada komputer Windows 10? ada beberapa alasan mengapa kita perlu backup software. Salah satu alasannya adalah bila terjadi kesalahan pada sistem operasi komputer.

Misalnya Ketika sistem operasi kita sedang bermasalah, dan jalan satu-satunya untuk memperbaikinya adalah melakukan reset atau menginstall ulang.  Dengan metode tersebut maka tentu saja kita akan kehilangan software atau aplikasi yang telah terinstall di komputer kita. Terlebih lagi jika anda tidak punya mentahan dari softwarenya, tentu anda akan direpotkan olehnya. belum lagi harus menginstall satu persatu softwarenya. Sangat tidak praktis bukan?

Nah, untuk itu di sini saya akan membahas Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows 10. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini

Software backup dan restore terbaik

1.EaseUS Data Recover

Cara pertama adalah menggunakan software dari EaseUS. Dengan aplikasi yang satu ini, memungkinkan anda melakukan backup software yang telah anda install sebelumnya di komputer Windows dengan langkah-langkah mudah sebagai berikut.[sociallocker id=”297″]

  1. Langkah pertama, download dan instal EASEUS di komputer Anda.
  2. Pilih “Via an image file” dan kemudian pilih “Create the image file“.
  3. Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows 7, 8, 10

  4. Sekarang pilih lokasi penyimpanan di mana Anda ingin menyimpan cadangan aplikasi tersebut. (Disarankan untuk memilih perangkat penyimpanan eksternal untuk menyimpan file backupnya : misalnya flashdisk atau hardisk eksternal)
  5. Pilih aplikasi yang ingin Anda backup dan kemudian tekan tombol Save.
  6. Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows 7, 8, 10

Langkah-langkah untuk mengembalikan data dari file bakcup / image file.

  1. Silahkan Instal lalu jalankan kembali EaseUS Todo PCTrans di komputer Anda.
  2. Buka “Via an image file” lalu pilih “Transfer from the image file“.
  3. Pilih lokasi tempat anda menyimpan file backupnya.
  4. Terakhir, klik “Transfer” dan proses pemulihan akan dimulai.

2.PickMeApp

Aplikasi ini khusus dikembangkan untuk mencadangkan dan mengembalikan data kembali seperti semula. Software ini akan membantu Anda untuk menjaga konfigurasi data pada software sehingga tetap aman dan apa adanya ketika anda perlu cadangan ketika menginstall windows atau meresetnya. Namun sebelum mengunduhhnya anda harus mendaftar di website PickMeApp.

Berikut langkah-langkah backup dan restore menggunakan software pickmeapp.

  1. Pertama-tama download dan install pickmeapp.
  2. Setelah itu anda buka aplikasinya. Akan muncul jendela seperti pada screenshot di bawah ini. Pada bagian sisi kiri, adalah daftar aplikasi yang terinstall di komputer anda. Di sisi kanan, adalah daftar aplikasi yang kompatibel untuk dibackup.
  3. Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows

  4. Dari sisi kiri, pilih aplikasi yang ingin anda cadangkan lalu klik “Capture”.
  5. Sekarang anda tunggu hingga pembuatan cadangan perangkat lunak  selesai
  6. Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows 10, 8, 7

  7. Sekarang cari file tersebut di sebelah kanan, pilih dan klik tombol “Save as .exe”.
  8. Pencadangan akan berhasil dilakukan dengan langkah-langkah yang disebutkan di atas. Sekarang jika Anda ingin memulihkan data cadangan, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah untuk memulihkan data cadangan.

  1. Buka PickMeApp
  2. Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows 10.8.7

  3. Pilih aplikasi yang ingin anda kembalikan.
  4. Sekarang klik tombol “Instal”.
  5. Aplikasi Anda akan dipulihkan seperti semula

Nah itulah pembahasan tentang cara mem-backup dan mengembalikan perangkat lunak yang terinstall pada komputer. Kesimpulannya adalah Meskipun, aplikasi yang dihapus dapat diinstal kembali, namun tetap saja data dan konfigurasi yang terkait dengannya tidak dapat dipulihkan apabila anda tidak memiliki cadangan apa pun. Jadi, selalu disarankan untuk mencadangkan software yang terinstall di Windows karena untuk mengantisipasi masalah apapun yang mungkin saja bisa terjadi berkaitan dengan software pada komputer anda. [/sociallocker]

Sharing is caring!

2 thoughts on “Cara Backup Software yang Sudah Terinstall di Windows

  1. pertanyaannya? jika aplikasi sudah pakai license apakah license nya hilang? apakah file backup ini hanya membackup programnya tidak sampai data2nya?

    1. Licensi tentu hilang, jika program yang terinstall di sistem komputer terhapus seperti saat kita melakukan install ulang. Kalau aplikasinya berlicense, seharusnya kita tak perlu khawatir jika punya license resmi, karena bisa digunakan kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

∞ backup program yang sudah terinstal di windows