Cara Menghilangkan Virus di Perangkat Android Tanpa Factory Reset

Cara Menghilangkan Virus di Perangkat Android  Tanpa Factory Reset – Desktop bukan satu-satunya gadget yang dapat terancam oleh virus. Perangkat android juga dapat mengalami hal yang sama. Virus, malware dan sejenisnya dapat mengakibatkan masalah pada hampir semua perangkat yang menyerang ke bagian software. Jika ponsel kamu terkena virus, sebenarnya kamu dapat melakukan penyetelan ulang pabrik untuk menghapusnya, tetapi itu berarti akan mengakibatkan kehilangan semua data seperti foto, game, pesan teks, nomor kontak dan yang lainnya. Tentunya, penyetelan ulang pabrik (factory reset) menjadi opsi terakhir.

Apakah Perangkat Saya Terkena Virus?

Jika ponsel kamu tidak berfungsi sebagaimana mestinya, ada kemungkinan perangkat terinfeksi beberapa malware di dalamnya. File berbahaya mungkin telah diunduh di ponsel, tanpa kamu menyadarinya. Akibatnya dapat mengganggu masa pakai baterai, sumber daya Internet, atau data pribadi kamu seperti file/folder yang disembunyikan.

Tetapi itu bisa menjadi sesuatu yang lain. Misalkan perangkat menolak untuk boot atau crash setiap kali dinyalakan. Atau mungkin pengguna tidak dapat mengunduh aplikasi dari Play Store. Ini tidak selalu disebabkan oleh virus. Jadi tak perlu khawatir!

Sebelum saya lanjutkan, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini :

  1. Apakah kamu baru saja menginstal aplikasi dari sumber pihak ketiga dan bukan dari Play Store?
  2. Apakah masalah mulai terjadi setelah kamu mengunduh beberapa aplikasi atau file?
  3. Apakah kamu mengeklik beberapa iklan yang mengunduh file atau aplikasi yang tidak  diinginkan?
  4.  Apakah masalah hanya terjadi saat menjalankan aplikasi tertentu?

Jika salah satu jawabannya “ya”, maka ada kemungkinan perangkat terinfeksi malware di sistemnya. Tapi tak perlu khawatir, kemungkinan besar masih bisa diperbaiki tanpa harus reset pabrik!

Step 1  : Instal dan Jalankan Pemindaian Antivirus

Langkah pertama adalah menjalankan antivirus dan melihat apakah aplikasi menunjukan adanya malware pada perangkat. Sama halnya di pc/laptop, android memiliki beragam aplikasi antivirus, baik yang gratis maupun berbayar.

Dalam performa dan kemudahan penggunaan, jika kamu menginginkan aplikasi gratis, maka Avira adalah aplikasi yang paling saya rekomendasikan. Aplikasi ini dapat memindai semua file dan aplikasi yang terinstall, untuk kemudian menghapus file yang dapat mengakibatkan masalah pada sistem. Avira juga direkomendasikan untuk perangkat desktop, tak heran bila avira menjadi salah satu antivirus terbaik menurut rating dari AV-TEST.

Download: Avira Antivirus Security for Android (Free)

Semoga pemindaian antivirus dapat mengatasi malware/virus di ponsel atau tablet kamu. Tetapi jika masih belum, maka bisa mencoba langkah berikut,

Step 2 : Hapus Secara Manual dalam Mode Aman “Safe Mode”

Sama seperti windows yang memiliki “Safe Mode”, begitu juga Android. Dan jika sistem terkena virus, kamu dapat memanfaatkannya, untuk menghilangkan virus tanpa aplikasi tambahan.

Apa fungsinya? Safe Mode mematikan akses ke semua aplikasi unduhan pihak ketiga dan mencegahnya untuk berjalan.

Untuk langkah-langkah masuk ke Safe Mode, sebagian besar android menggunakan cara ini:

  1. Tekan dan tahan tombol daya hingga hingga muncul opsi “Matikan Daya / Boot Ulang”.
  2. Ketuk dan tahan “Power Off” sampai kamu mendapatkan prompt untuk “Reboot to Safe Mode”.
  3. Pilih “OK”.
  4. Tunggu hingga ponsel atau tablet melakukan reboot. Di salah satu sudut, kam akan melihat tanda air “Safe Mode”.

Namun, apabila tidak berhasil atau kamu masih bingung. Maka kamu dapat bertanya di google dengan kata kunci “cara masuk safe mode (nama perangkat)”.

Setelah berhasil memasuki Mode Aman, buka Settings > Apps > Downloaded. Periksa daftar aplikasi yang terunduh dan temukan aplikasi yang menurutmu mencurigakan atau menjadi penyebab masalah pada perangkat android kamu.

Selanjutnya ketuk aplikasi, dan pada layar berikutnya ketuk “Uninstall” untuk menghapusnya. Jika itu menghilangkannya, reboot ponsel Anda secara normal (tanpa memasuki Safe Mode), dan virus harus diurus.

Jika aplikasi tidak dapat dihapus, kemungkinan itu memiliki Akses Administrator Perangkat. Untuk mengilangkan akses tersebut :

  1. Sialahkan masuk ke Settings > Security > Device Administrators.
  2. Temukan aplikasi yang tidak dapat dihapus lalu beri tanda centang di sebelahnya.
  3. Ketuk “Nonaktifkan”.

Sekarang kamu coba lagi menghapus aplikasi yang tadinya tidak bisa kamu uninstall .

Demikian pembahasan kali ini, jika cara di atas masih belum berhasil, silahkan mengajukan pertanyaan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Virus di Perangkat Android Tanpa Factory Reset | Murod | 4.5