11 Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan

Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan – kenapa sering mengantuk padahal tidur cukup? Keinginan untuk tidur di siang hari bolong adalah masalah yang banyak dihadapi. Dengan demikian, kita dipengaruhi oleh kelelahan kronis, kurang tidur, sedikit cahaya, kekurangan vitamin, dan gaya hidup.

Jika Anda tidak minum obat apa pun yang memiliki efek samping dan Anda tidak mengalami cedera kepala, maka tips kami tentang cara mengatasi rasa kantuk akan membantu.

1. Air

Anehnya, dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kantuk. Cuci dengan air dingin. Ini akan membantu meringankan kelelahan mata setelah menghabiskan waktu berjam-jam terutama di depan komputer.

2. Sinar matahari

Jika memungkinkan, pergi ke luar menuju sinar matahari. Semakin banyak tubuh Anda terkena sinar matahari, semakin aktif dan meningkatkan fokus Anda. Matahari memberi energi dan meningkatkan produksi vitamin D. Jika Anda tidak memiliki cara untuk meninggalkan ruangan, maka ingatlah bahwa pencahayaan buatan di dekat tempat kerja memiliki efek yang sama.

3. Aktivitas fisik

Hanya beberapa push-up atau lompatan setiap 30 menit akan mengisi tubuh dengan kekuatan dan energi. Jika tidak ada kesempatan untuk mengatur sesi latihan fisik, maka lakukan pemanasan di tempat. Gerakkan kaki Anda, rentangkan tangan dan kaki, tekuk lutut, lakukan beberapa ayunan tangan yang energik.

4. Kafein

Kafein, tentu saja, membantu meringankan kantuk, tetapi menyebabkan kecanduan. Juga berhati-hatilah dengan kandungan di dalamnya. Kafein membantu mengatasi keinginan untuk tidur hanya untuk sementara waktu (seperti kopi), dan ketika efeknya berakhir, Anda bahkan dapat merasa lebih lelah dan tertekan daripada sebelumnya.

5. Tertawa

Cukup aneh, tetapi tawa dari hati tidak hanya merangsang aktivitas otak, tetapi juga membantu untuk tetap waspada.

6. Kacang

Makanan ringan berprotein tinggi dan rendah gula (seperti kacang mete atau almond) akan memberi Anda dorongan energi yang cepat.

7. Berjalan

Sekalipun Anda masih memiliki banyak hal untuk dilakukan, tetapi Anda merasa mengantuk dan terganggu maka pergilah ke luar. Tidak masalah bagaimana cuacanya. Anda perlu meningkatkan sirkulasi darah dan memenuhi tubuh dengan oksigen.

Jika Anda tidak dapat meninggalkan ruangan dengan cara apa pun (tidak ada waktu, hujan / panas),Anda dapat berjalan di sekitar ruangan, jika Anda di rumah, bisa lakukan bersih-bersih rumah.

Jika Anda sedang bekerja, pergi ke kantor berikutnya, cobalah turun dan naiki tangga. Mungkin Ini akan memakan sedikit waktu. Tapi Anda akan merasakan aliran darah ke kepala, aktivasi aktivitas mental dapat menghilangkan rasa kantuk.

8. Mandi air dingin

Mandi air dingin singka, ini dapat membantu untuk mengatasi kantuk. Jika tidak ada cara untuk mandi, semprotkan atau basuh air dingin ke wajah Anda – ini juga berfungsi dengan baik.

Perubahan suhu yang tiba-tiba akan membangunkan Anda, meningkatkan sirkulasi darah dan konsentrasi. Lebih baik mengeringkan wajah yang basah di bawah kipas atau kondisioner – ini akan menambah kesegaran dan semangat.

9. Konsumsi lebih banyak Omega-3.

Omega-3 meningkatkan kekebalan tubuh, memberi lebih banyak energi, dan mempertahankan aktivitas mental sepanjang hari. Anda dapat mengonsumsi Omega secara terpisah dalam kapsul atau mengonsumsi makanan tinggi asam lemak tak jenuh ganda.

Misalnya: ikan salmon, tuna, sarden, kacang-kacangan, telur, produk kedelai, selai kacang, dan biji-bijian lainnya.

10. Minum air lemon

Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan

Minum segelas air lemon setiap pagi dengan perut kosong dapat mencegah kantuk di siang hari. Selain itu, dehidrasi mempengaruhi tingkat oksigen di otak, penurunan yang dapat menyebabkan perasaan lelah atau kantuk di siang hari. Air lemon “melembabkan” tubuh, jenuh dengan vitamin C, membantu menghilangkan racun dan mempercepat metabolisme.

11. Makanan sehat

Untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari, jangan pernah melewatkan waktu makan di pagi hari. Sarapan yang sehat dan bergizi akan memberi otak Anda “energi” yang Anda butuhkan untuk tetap waspada dan produktif.

Mengabaikan sarapan menyebabkan penurunan gula darah, sehingga Anda mungkin mengalami kelelahan, kantuk, dan sakit kepala. Sarapan yang baik dengan makanan tinggi lemak dan protein. Misalnya: telur, yogurt, keju cottage, buah-buahan segar, oatmeal, kacang-kacangan, smoothie. Dan juga menghindari makan malam hangat, terutama pasta dan makanan bertepung.

Itulah Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan. Semoga bermanfaat.

11 Cara Mengatasi Ngantuk yang Berlebihan | Murod | 4.5