Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kenari Jantan atau Betina

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kenari Jantan atau Betina? Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit bagi pemula. Bahkan peternak yang sudah berpengalaman kadang memiliki keraguan dan tidak dapat menentukan jenis kelamin burung kenari mereka, terutama untuk ras hias.

Jantan dari keturunan hias, biasanya, “sedikit” lebih terang, lebih besar dan lebih berisik daripada betina, tetapi perbedaan ini tidak begitu mencolok sehingga hanya peternak yang berpengalaman yang dapat membedakan mereka.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung

Waktu terbaik untuk melihat perbedaan gender burung kenari adalah periode reproduksi. Pada saat ini, alat kelamin burung menjadi sangat jelas: betina memiliki lubang kloaka/silit yang bundar, dan jantan memiliki bentuk yang lebih tajam; selain itu, pada jantan kita bisa melihat lebih banyak bulu memanjang pada kloaka/silit itu sendiri,

sedangkan pada bagian silit/kloaka betina bulu lebih pendek dan terletak di sekitar mahkota. Untuk mempelajari secara terperinci kloaka dan bulu-bulu di sekitarnya, Anda perlu mengambil kenari di tangan Anda, meniup dengan ringan dan merata di sepanjang perut bagian bawahnya, agar dapat memeriksanya dengan lebih baik.

Bentuk arah ekor, jika Anda mengambil kenari di tangan Anda:

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kenari Jantan atau Betina

Perbedaan visual antara kenari jantan dan betina:

Dada / perut

♂ Dada kurang menonjol dibandingkan perut.
♀ Dada lebih terasa, perut lebih sedikit.

Kepala

♂ dahi yang bulat dan berkembang dengan baik.
♀ lebih rata.

Warna

♂ Lebih kuat di sekitar paruh dan tali dagu.
♀ Kurang kuat di sekitar paruh dan tali dagu.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kenari

Apa yang disebut kumis di kenari (pada jantan lebih jelas)

Penentuan jenis kelamin pada anak Kenari

Jika tidak ada perbedaan suara di antara anak-anak kenari, maka untuk menentukan jenis kelaminnya, Anda harus menunggu hingga akhir pergantian remaja – lima hingga enam bulan.

Selama pergantian bulu pertama, jantan dan betina tidak bernyanyi, tetapi memancarkan suara tenang yang sama, mirip dengan berkicau.

Setelah berganti bulu, setelah satu atau dua bulan, kenar (kenari jantan) semakin kuat, nyanyiannya menjadi lebih keras dan lebih beragam. .

Petani kenari yang berpengalaman berpendapat bahwa sebelum burung mulai bernyanyi, tidak mungkin untuk menentukan dengan pasti apakah betina atau janta, meskipun betina juga bisa bernyanyi, tetapi lagu mereka sering sangat berbeda dari lagu jantan, mereka menghasilkan lagu pendek dan seragam.

Namun, banyak tergantung pada karakteristik individu burung tersebut. Ada kalanya betina bernyanyi tidak lebih buruk daripada jantan. Paling sering, ini bisa diamati ketika betina hidup sendirian. Setelah jantan berbagi, betina sering berhenti bernyanyi dan mulai membuat suara pendek, panggilan.

Terlepas dari kenyataan bahwa kedua pasangan membangun sarang, betina lebih aktif saat ini. jantan pada dasarnya, menjaga pasangan mereka. Sementara betina sibuk dengan pembangunan sarang, jantan memberinya makan. Ketika sarang sudah siap, sang betina mulai berdesakan untuk menarik perhatian jantan dan mengundang jongkok di tempat bertengger.

 Sekalipun ada satu kenari di dalam kandang, sebutir telur bisa muncul pada betina dewasa. Ini akan menjelaskan tentang jenis burung. Juga di perut betina, siap untuk musim kawin, Anda dapat menemukan garis rambut surut dengan pembuluh darah bengkak.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kenari Jantan atau Betina

Jantan

kenari jantan
kenari jantan

Betina

kenari betina

Demikianlah Cara Mengetahui Jenis Kelamin Burung Kenari Jantan atau Betina. Semoga bermanfaat 🙂

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

∞ gambar bentuk kloaka kenari jantan ∞ gambar ekor kenari jantan dan betina ∞ perbedaan ekor burung kenari jantan