Manfaat Jahe untuk Diet dan Cara Membuatnya

Manfaat Jahe untuk Diet dan Cara Membuatnya

Manfaat Jahe untuk Diet dan Cara Membuatnya – Ahli gizi, dokter dan pelatih kebugaran menyebutkan jahe dalam daftar makanan paling sehat. Tapi apa sebenarnya manfaat dari tanaman akar ini?

Kandungan Jahe

Ini memiliki komposisi yang unik. Selain lemak dan protein nabati, an karbohidrat standar, jahe juga mengandung vitamin C, B1 dan B2, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, niasin, serta hampir semua asam amino esensial, yang memungkinkan rempah-rempah ini menyehatkan sepenuhnya semua jaringan dan organ tubuh.

Menghemat dari kelelahan dan bugar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi jahe segar secara teratur membantu meredakan ketegangan otot, terutama setelah berolahraga. Apabila program diet banyak terlibat dalam kerja fisik – seperti melatih otot lengan dll. Penelitian menunjukan tingkat rasa sakit pada otot. Ternyata jahe segar meningkatkan tonus otot sebesar 25%, dan olahan jahe – sebesar 23%.

Melancarkan sistem pencernaan

Jahe sangat baik untuk pencernaan, meredakan sakit perut, kram, meningkatkan metabolisme , mengurangi rasa sakit yang parah di perut, dan menormalkan sirkulasi darah. Ini memiliki efek ekspektoran, tonik, pemanasan, antiemetik. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi masuk angin. Resep klasik untuk teh jahe:

  • potong sepotong jahe dengan panjang 4-5 cm (per liter air), kupas dan potong-potong. Rebus air,
  • masukkan jahe dan masak selama 10 menit.
  • Matikan kompor dan saring.
  • Untuk meningkatkan khasiat jahe, tambahkan sedikit lada hitam, kayu manis, beberapa sendok lemon.  

Membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Jahe untuk Diet dan Cara Membuatnya – Saat mengkonsumsi minuman jahe, “efek bantalan pemanas internal” dapat terjadi, yang merangsang metabolisme, mencegah makan berlebih, dan membantu mengurangi berat badan. Karena itu, para ilmuwan merekomendasikan untuk minum sebelum makan. Resep untuk minuman jahe sederhana. Hanya perlu mengambil akar jahe yang sudah dicuci (panjang 4-4,5 cm) dan beberapa siung bawang putih yang sudah dimasak. Kupas dan potong jahe menjadi irisan.

Tambahkan bawang putih ke jahe. Tuang jahe cengkeh dan siung bawang putih dengan air mendidih (2 liter) dan biarkan komposisinya diseduh selama satu setengah jam. Setelah batas waktu, keluarkan bahan dari infus dan minum teh jadi dalam bentuk panas atau hangat 4-6 kali sehari sebelum makan selama setengah jam.

Demikianlah Manfaat Jahe untuk Diet dan Cara Membuatnya. Semoga bermanfaat

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *